Menu

Keunikan makanan tradisional





 Ada yang pernah mencoba makanan tradisional Indonesia di zaman modern ini? Mungkin untuk generasi sekarang hanya sedikit yang tertarik, mereka cenderung memilih makanan kekinian karena unsur estetikanya benar-benar terasa.

Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa makanan tradisional Indonesia punya banyak hal menarik. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa makanan tradisional indonesia sangat istimewa.

1. Rasa yang tidak berubah

Sebagian besar makanan tradisional Indonesia menggunakan resep yang sama dari dulu hingga sekarang, makanya tidak heran jika rasa yang dihasilkan masih tetap sama dan tidak ada perubahan.

Mungkin ini terdengar sepele dan membosankan, rasa yang sama akan membuat orang mudah bosan. Namun faktanya hampir semua orang menyukai rasa yang sama. Hal ini menggambarkan bahwa makanan tradisional tetap terjaga cita rasanya.

2. Warisan budaya

Makanan tradisional memang erat hubungannya dengan kebudayaan. Biasanya makanan tersebut sering menjadi hidangan khusus yang menjadi ciri khas tersendiri di setiap daerah.

Hal ini membuat makanan tradisional Indonesia menjadi sangat istimewa. Itu bisa dikatakan sebagai warisan budaya yang diturunkan secara turun-temurun dari masyarakat terdahulu.

3. Proses pembuatan yang masih alami

Makanan dikatakan istimewa bukan hanya dari cita rasanya saja, tapi juga proses pembuatan dan penyajiannya yang masih alami membuat semuanya terasa natural dan bikin nostalgia.

Saat ini sebagian besar makanan tradisional indonesia masih menggunakan cara yang sama dalam proses pembuatan dan penyajiannya. Sebab pembuatnya berpikir bahwa rasa yang akan dihasilkan akan berubah jika prosesnya juga berubah.

4. Memiliki filosofi tersendiri

Setiap makanan tradisional Indonesia punya cerita tersendiri di balik bahan-bahan dan cara pembuatannya. Semua itu punya filosofi yang membuat semuanya terasa sangat istimewa.

Tentu itu menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya, apalagi tiap daerah punya makanan khas yang filosofinya berbeda-beda.

5. Citarasa yang menarik

Makanan tradisional pada umumnya punya cita rasa yang menarik, sepertinya ini terjadi karena bahan yang digunakan benar-benar tradisional tanpa pengawet makanan.

Tentu ini menjadikan makanan tradisional Indonesia menjadi sangat istimewa. Selain rasa yang unik, juga dijamin sangat aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa alasan mengapa makanan tradisional indonesia sangat istimewa. Wajib dilestarikan, nih!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman