Menu

JENIS – JENIS OPAK

 


1.OPAK SAMPEU



 Opak satu ini berbahan dasar singkong  (sampeu) dan digoreng menggunakan minyak. Rasanya yang gurih dan renyah bakal membuat kamu secara gak sadar sudah menghabiskan satu toples sendirian. Perajin opak sampeu Majalengka yang terkenal enak dan renyah karena bentuknya yang tipis  bisa kalian temui di Blok Linggawangi, Desa Waringin, Kecamatan Palasah. Dilansir dari indofakta.com, ternyata usaha para perajin opak ini warisan leluhur yang sudah turun temurun 

2.OPAK BECA



Masih dari rumpun opak yang terbuat dari singkong, opak satu ini biasanya diberikan bumbu seperti cabe kering dan seledri. Sebagian juga ada yang menambahkan dengan aci sampeu alias tepung tapioka agar tidak terlalu keras. Berbeda dengan opak sampeu, opak satu ini memiliki tekstur yang khas bergaris-garis karena saat pembuatan adonannya di tekan-tekan dengan garpu.

3.OPAK GAPLEK



Opak satu ini juga masih berbahan dasar singkong. Berbeda dengan pengolahan singkong untuk opak sampeu dan opak beca, pengolahan singkong untuk opak ini dari tepung gaplek. Gaplek sendiri merupakan singkong segar, yang telah dikupas, dijemur sampai kering selama 3-4 hari. Kemudian gaplek yang sudah kering digiling dijajdikan tepung yang digunakan untuk adonannya. Di daerah lain tepung gaplek ini biasanya dibuat menjadi thiwul. Hanya saja opak gaplek ini sedikit sulit ditemui dijual di pasaran. Mungkin kamu harus bisa membuatnya sendiri.

4.OPAK GENDAR



Bahan dasar opak satu ini dibuat dari adonan nasi sisa. Eits…jangan curiga dulu, maksudnya nasi sisa disini adalah nasi yang sekiranya orang sudah tidak tertarik memakannya (karena menguning misalnya) bukan nasi yang udah basi ya. Cara membuatnya sama dengan opak ketan hanya saja diberikan bumbu bawang putih, ketumbar dan garam. Ada juga yang menambahkan terasi sebagai penambah rasa. Beberapa dari kalian mungkin ada juga  yang menyebutnya ini kerupuk gendar atau hanya gendar saja.

 5.OPAK KETAN



Opak ketan ini yaitu merupakan olahan tepung beras ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut, gula, garam dan penyedap. Campuran bahan ini kemudian dibuat menjadi adonan opak dan dibentuk bulat pipih lalu dijemur kering dan dipanggang matang.

Opak sendiri merupakan makanan ringan khas warga Sunda yang tentunya akan banyak sekali ditemukan di berbagai acara seperti hajatan dan syukuran. Makanan ringan ini sengaja dibuat untuk suguhan dan jamuan keluarga dan para tamu yang datang.


Artikel by Dela noor latifah (120020573)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman