Menu

Cara membuat opak ketan






     Opak ketan  merupakan olahan tepung beras ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut, gula, garam dan penyedap. Campuran bahan ini kemudian dibuat menjadi adonan opak dan dibentuk bulat pipih kemudian dijemur hingga  kering dan dipanggang matang.Terdapat dua jenis opak ketan yang banyak dibuat, yaitu opak ketan dengan rasa manis dan opak ketan dengan rasa asin. Nah berikut ini untuk pembuatan opak asin gurih, yuk langsung simak cara pembuatannya dibawah ini.

 

Bahan-bahan untuk membuat opak ketan

 

Tepung beras ketan 1 kg

Kelapa 2 buah, parut

Secukupnya gula pasir

Secukupnya garam

Secukupnya penyedap rasa

 

Langkah Membuat Cemilan Opak Ketan Gurih Renyah

 

     Siapkan wadah adonan lalu isi dengan semua bahan opak yang sudah disiapkan di atas. Aduk-aduk sampai menjadi adonan opak.

Kepal-kepal adonan hingga membentuk bulatan kecil lalu pipihkan dengan bantuan papan bersih atau kayu bulat, botol dan alat bantu lainnya.

Setelah itu, letakkan opak bulat pipih pada wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu dan jemur di bawah terik matahari langsung sampai benar-benar kering. Pengeringan ini dapat memakan waktu sampai berhari-hari tergantung panasnya cuaca pada saat di jemur.

Selanjutnya opak yang sudah dijemur kering dipanggang di atas bara api sampai mengembang dan menjadi opak garing renyah. Bolak-balik opak saat pemanggangan supaya matang merata. Angkat dan sisihkan. Begitu seterusnya.

Simpan opak yang sudah dipanggang matang dalam wadah toples dengan penutup supaya tetap renyah.

jangan lupa untuk membeli opak ketan sari kelapa produksi pa nde yang sudah jelas renyah,gurih dan enak pastinya.


Demikian ulasan tentang opak ketan  rasa asin, selamat mencoba! semoga berhasil ✨


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman